Teh Melati

Teh melati adalah minuman teh yang di ramu dengan bunga melati, sehingga menimbulkan aroma khas bunga melati ketika dinikmati. Peminatnya pun sangat beragam, mulai dari orang tua maupun anak-anak muda. Hal ini dikarenakan rasa yang ditimbulkan teh melati ketika diseduh menghasilkan aroma melati yang khas, rasa yang lembut, dan biasanya dianggap sebagai teh yang rasanya tidak terlalu keras . Bahkan bagi para penyuka teh, minum teh tanpa ada aroma melati sepeti bukan minum teh.

Teh Melati

Teh melati di Indonesia diperkenalkan pada jaman kolonial Belanda. Belanda menanam teh didaerah jajahannya, termasuk di Indonesia. Seluruh hasil teh dengan kualita tinggi di eksport ke Eropa, salah satunya ke Belanda sendiri. Sementara teh dengan kualitas rendah-lah yang menjadi konsumi masyarakat Indonesia pada saat itu. Dikarenakan rasa yang ditimbulkan dari teh kualitas rendah tersebut sangat berbeda jauh dengan teh kualitas tinggi, maka masyarakat Indonesia berinisiatif menambahkan bunga melati supaya aroma teh menjadi lebih wangi dan nikmat ketika dikonsumsi.

Di Indonesia saat ini, teh yang menghadirkan aroma melati salah satu yang terbaik adalah Teh Sariwangi. Teh Sariwangi melati berasal dari pulau Jawa, Indonesia. Teh Sariwangi melati menghadirkan rasa yang berbeda dari merk teh lainnya. Hal ini dikarenakan Sariwangi meramu teh melati-nya menggunakan daun teh dan  bunga melati pilihan dengan kualitas tinggi.

Manfaat Minum Teh Melati

Seperti banyak orang ketahui, mengkonsumsi teh melati dapat membantu memberikan efek menenangkan serta mengurangi stress. Namun, ternyata Teh melati juga mempunyai segudang manfaat lainnya bagi kesehatan ketika diminum secara rutin. Diantaranya kami ulas sebagai berikut :

1. Mengendalikan Kadar Gula Darah dan Pencegahan Diabetes Sejak Dini
Teh melati adalah salah satu minuman yang aman diminum bagi penderita diabetes. Bahkan konsumsi teh melati tanpa gula dapat mengendalikan kadar gula secara alami. Hal ini dikarenakan kandungan dalam teh tersebut mampu membantu memperlambat proses penyerapan gula di dalam usus kecil. Ini berarti, dengan mengkonsumsi rutin teh melati juga dapat membantu mencegah penyakit diabetes sejak dini.

2. Menurunkan Kolesterol
Ada banyak penyakit yang bisa ditimbulkan akibat kolestrol yang tinggi. Beberapa diantara penyakit yang ditimbulkan akibat kolestrol tinggi adalah Penyakit Jantung Koroner, Stroke, dan Tekanan darah tinggi. Resiko utama akibat kolestrol yang terlampau tinggi adalah munculnya penyakit Jantung Koroner (PJK). Jika kolestrol terlalu tinggi, maka bisa memupuk dinding pembuluh darah arteri.

Seiring berjalannya waktu, penumpukan yang disebut ‘Plak’ ini akan menyebabkan pengerasan arteri sehingga arteri menyempit dan memperlambat aliran darah menuju jantung. Hal inilah yang dapat megakibatkan Angina (nyeri dada) atau seranga jantung apabila pembuluh darah tersumbat sepenuhnya.

Jika hasil pemeriksaan kolestrol anda tinggi, segeralah ambil tindakan untuk menurunkan kolestrol. Teh melati ini juga berkhasiat membantu proses penurunan kolestrol.

3. Mencegah Penuaan Dini
Penuaan dini merupakan masalah kulit yang amat ditakuti bagi sebagian besar orang. Salah satu penyebab utamanya adalah akibat radikal bebas. Tetapi untuk menghindari radikal bebas memang tergolong cukup sulit, apalagi bagi yang tinggal di daerah perkotaan.

Salah satu yang bisa menjadi penangkal radikal bebas bagi kulit adalah dengan mengkonsumsi rutin teh. Hal ini dikarenakan teh mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Disamping itu, teh juga kaya akan kandungan Polifenol yang dapat mencegah timbulnya kanker kulit, kanker payudara, kanker paru, dan beberapa jenis kanker lainnya.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Memiliki berat badan yang berlebih dapat meningkatkan resiko timbulnya berbagai penyakit. Jadi, jika saat ini anda memiliki berat badan diatas angka normal, maka pertimbangkanlah untuk melakukan diet menurunkan berat badan agar terhindar dari penyakit berbahaya.

Dengan mengkonsumsi rutin teh aroma melati, dapat membantu proses diet menurunkan berat badan lebih optimal. Hal ini dikarenakan, selain mengandung antioksidan yang cukup tinggi, teh aroma melati juga mengandung Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang dapat memaksimalkan proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Demikianlah ulasan mengenai teh melati dan manfaatnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Teh Melati"

Posting Komentar