Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Motor Kecil

Motor kecil atau motor mini adalah mainan yang biasanya diinginkan oleh anak-anak, biasanya motor kecil menjadi hadiah yang sangat cocok bagi anak yang berumur 6 tahunan ke atas. Mesin motor kecil ini ternyata agak beda dari mesin motor besar biasanya.

Ada beberapa hal yang harus anda tahu tentang motor kecil ini, yuk langsung saja cek informasi lebih lengkapnya berikut ini:

Salah Satu Motor Kecil


1. Cara Menyalakan Mesin
Cara menyalakan motor kecil ini adalah dengan ditarik tangan, karena mesin motor kecil 49 cc 2 tak ini memang digunakan untuk anak-anak. Untuk bahan nya sendiri, biasanya dibuat menggunakan plastik maupun besi babet.

2. Tidak Menggunakan Oli Mesin
Ternyata motor kecil ini tidak menggunakan oli mesin, karena memang tidak memiliki tempat untuk oli mesin itu sendiri. Untuk pelumasan nya hanya menggunakan oli samping yang dicampur dengan bensin ketika pengisian bahan bakar.

Usahakan untuk mencampur oli sampin di luar tangki, karena biasanya dari pabrik sudah disediakan sendiri oli samping dan bensin nya. Takaran standarnya adalah 20 : 1 (bensin : oli).

3. Ukuran Piston
Ukuran piston juga ada 2 macam, yaitu diameter 40 mm dan 44 mm yang biasanya jarang diketahui oleh masyarakat. Jika piston yang dipasang ukuran nya beda dengan blok piston, maka mesin tidak bisa berfungsi dengan normal.

Karena itulah sangat penting untuk mengetahui ukuran piston mesin motor yang digunakan, karena untuk ukutan 40 mm, sekarang jarang tersedia. Jika anda punya piston 40 mm, dan ingin diganti, terpaksa anda harus mengganti blok piston dengan ukuran yang sama juga.

4. Mesin GP, Trail, dan ATV Punya Perbedaan
Untuk pengaplikasian motor kecil ini beda-beda ukuran gear depan nya, karena memang setiap jenis motor kecil beda-beda. Untuk motor kecil GP misalnya, ia menggunakan gear dengan 7 mata gear, sedangkan untuk motor mini ATV menggunakan 6 mata gear, dan untuk mini trail ada gear lebih besar serta ada tambahan gear box.

5. Busi 
Jika bicara soal busi motor kecil, tentunya ukuran nya lebih kecil dari motor pada umumnya, jadi pastikan anda membeli ukuran yang pas. Belilah langsung ke tempat jual sparepart motor kecil tersebut, karena tidak semua tempat ada.

6. Kampas Kopling
Kalau bicara soal kampas kopling, disana ada 2 macam, yaitu kopling dengan kanpas warna merah dan punya 3 per atau spring. Jenis kedua adalah kopling per berjumlah 2/2 spring dengan kampas warna hitam.

Biasanya kampas yang digunakan adalah kampas kering, dan harga kampas hitam 2 per lebih mahal jika dibandingkan dengan kampas yang 3 per.

Memanjakan anak dengan memberikan motor kecil atau motor mini sangatlah bagus, akan tetapi anda harus memberikan pengawasan ekstra. Anda harus menjaga keselamatan si anak ketika menggunakan motor kecil ini.

Karena itulah anda perlu tahu tentang cara penggunaan yang baik dan benar dari motor kecil ini agar tidak merugikan nantinya. Nah, untuk pembelian motor mini yang bagus, anda bisa membeli merk Yamaha karena merk Yamaha sudah terbukti kualitas motor mininya.

Sudah ada fitur keselamatan dan kenyamanan bagi anak saat mengendarai motor kecil tersebut, sehingga anda bisa menjadikan yamaha sebagai pilihan. Mesin motor mini 49 cc akan menjadi pilihan terbaik untuk anda yang ingin memanjakan anak-anak anda, terima kasih.

0 Response to "Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Motor Kecil"

Posting Komentar