Tips Menyembuhkan Luka Pasca Operasi

Luka pasca operasi biasanya hal yang sangat ditakuti oleh pasien. Pasalnya luka operasi harus dirawat dengan baik dan rentan terkena infeksi. Hal ini membuat luka operasi memiliki penanganan khusus. Luka pasca operasi juga bisa membekas dan memakan waktu yang lama untuk kering kembali, baca juga https://www.guesehat.com/3-cara-merawat-luka-setelah-operasi untuk info selanjutnya.

Namun Anda jangan kebingunan untuk menyembuhkan luka pasca operasi. Luka operasi bisa sembuh dengan beberapa perawatan konsisten dan intensif. Tentunya Anda bisa melakukannya di rumah dengan mudah.

Tips Menyembuhkan Luka Pasca Operasi

1. Rutin Memeriksa Kondisi Perban
Perban merupakan benda steril untuk menutupi luka dari kotoran dan debu. Anda harus rutin memeriksa kondisi perban beserta luka jahitannya. Hal ini untuk menghindari luka dari infeksi serta kotoran yang mengganggu jahitan. Anda juga harus rutin untuk mengganti perban jika kondisinya sudah kotor dan tidak memungkinkan digunakan lagi.

2. Luka Operasi Harus Selalu Bersih
Luka jahitan harus terhindar dari infeksi maka Anda harus rajin membersihkannya dengan menggunakan antiseptic. Waktu yang tepat untuk membersihkan luka jahitan adalah setelah Anda selesai melakukan aktifitas. Rutin membersihkannya juga merupakan cara cepat menyembuhkan luka.

3. Jangan Mengabaikan Luka 
Anda harus rutin memperhatikan luka jahitan untuk mempercepat proses pemulihan. Jika Anda merasa tidak kuasa untuk membersihkan dan mengganti perban sendiri, Anda bisa pergi ke rumah sakit atau klinik terdekat. Jangan sampai luka terabaikan karena disamping bisa terkena infeksi Anda juga bisa mengalami pendarahan.

Luka yang jarang diperhatikan biasanya akan menjadi lembab. Luka lembab bisa menyebabkan timbulnya nanah dan Anda akan memakan waktu yang lama untuk proses pemulihan. Luka yang diabaikan juga bisa meninggalkan bekas hitam pada kulit, tentunya ini dapat mengganggu penampilan Anda.

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
Mengkonsumsi buah dan sayur merupakan cara merawat luka dari dalam. Tubuh juga perlu asupan gizi untuk mempercepat regenerasi sel kulit pasca operasi. Buah dan sayur bisa menjadi referensi karena mengandung berbagai macam vitamin baik untuk kesehatan kulit yang terluka pasca operasi.

0 Response to "Tips Menyembuhkan Luka Pasca Operasi"

Posting Komentar